Sandi ADFGVX

Sandi ADFGVX

Sandi ADFGVX digunakan oleh Tentara Jerman pada Perang Dunia I. Ditemukan pertama kali oleh Kolonel Fritz Nobel pada Maret 1918. ADFGVX menggunakan tabel 6×6 yang berisi 26 huruf dan 10 angka (0-9). Enkripsinya terdiri dari dua proses, yaitu proses substitusi dan proses transposisi. Setiap proses membutuhkan sebuah kunci. Huruf A, D, F, G, V, dan X dipilih karena mudah dikirimkan menggunakan Sandi Morse.

Berikut ini aturan-aturan enkripsi-dekripsi Sandi ADFGVX yang disertai dengan contoh.

    1. Tentukan kunci pertama yang terdiri dari huruf dan angka, misalkan “math08”. Jika ada huruf yang berulang, maka cukup satu huruf yang muncul pertama yang dituliskan.
    2. Buatlah sebuah tabel 6×6 dengan bentuk berikut ini. Isian pertama adalah kunci, kemudian huruf-huruf berurutan yang belum muncul, dan selanjutnya angka-angka berurutan yang belum muncul.
      A D F G V X
      A m a t h 0 8
      D b c d e f g
      F i j k l n o
      G p q r s u v
      V w x y z 1 2
      X 3 4 5 6 7 9
    3. Selanjutnya, setiap huruf dalam plainteks disubstitusi menjadi dua huruf yang ditentukan oleh posisi baris dan kolom. Contohnya huruf k menjadi FF, huruf g menjadi DX. Misalkan plainteksnya “belajar sandi”, maka hasil substitusinya adalah “DA DG FG AD FD AD GF GG AD FV DF FA”.
    4. Tentukan kata kunci kedua, terdiri dari huruf saja, dan boleh muncul berulang. Kunci ini digunakan dalam proses transposisi. Pertama buatlah tabel, tulis kunci di atasnya, kemudian tulis hasil substitusi (3) di bawahnya berurutan. Jika ada sisa, diisi dengan huruf X atau sesuai dengan kesepakatan.

Perhatikan tabel di bawah ini. Misalkan kuncinya “kunci”.

1 2 3 4 5
k u n c i
D A D G F
G A D F D
A D G F G
G A D F V
D F F A X
X X X X X
  1. Selanjutnya, urutkan huruf pada kunci. Contohnya, jika kuncinya “matahari” (1-2-3-4-5-6-7-8), menjadi “aaahimrt” (2-4-6-5-8-1-7-3). Jadi, untuk kunci “kunci” menjadi “ciknu” (4-5-1-3-2). Sehingga tabel menjadi:
    4 5 1 3 2
    c i k n u
    G F D D A
    F D G D A
    F G A G D
    F V G D A
    A X D F F
    X X X X X
  2. Cipherteksnya adalah huruf-huruf yang berada di kolom pertama, dan seterusnya. Jadi, cipherteksnya adalah “GFFFAX FDGVXX DGAGDX DDGDFX AADAFX”.

Dari proses enkripsi di atas, tidak sulit bagi Anda untuk mempelajari proses dekripsinya.


sumber :

http://sandi.math.web.id


Satu tanggapan untuk “Sandi ADFGVX

  1. bro, mau nanya tentang sandi ADFGVX, itu misalnya kata kunci plaintext nya (KEAMANANKOMPUTER) kan hurufnya banyak tuh, pas proses transposisinya bagaimana yah bro? apakah kolom dan baris tidak mempunyai batasan atau bagaiman yah bro? terima kasih..

Tinggalkan komentar

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close